Baca Vanya Kenduri Karet - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

KEHIDUPAN kos selalu punya cerita tersendiri. Ngejar-ngejar ayam tetangga pas kiriman bulanan telat, merekayasa gosip biar pada musuhan, kirim-kiriman surat saat suntuk kuliah, ngerjain penjaga kos yang kelewat streng, dan segala kejadian konyol lainnya.

Kehidupan kos selepas SMA selalu punya warna lain. Saat kita harus bisa ngatur uang sendiri supaya nggak kelaparan di tengah bulan, saat kita ngatur jam tidur sendiri supaya nggak kelabakan pas kuliah pagi, saat kita ngatur kamar sendiri, biar ruang 3X3 muat menampung semua atribut kita.

Kehidupan kos nggak bakal puas diceritain hanya dengan satu buku. Apalagi kalo pelakonnya si gadis mungil nan manis berwujud Vanya. Yang jadi "perawan di sarang pangeran" anak-anak Geologi. Yang jailnya nggak kalah sama anak SMA macam si Lupus dan Olga.

Buat kamu yang masih SMP dan SMA, selamat menelusuri petualangan yang sangat mengasikkan, yang bakal kami alami nantinya. Dan buat yang udah kuliahan, selamat berkaca-kaca... (maksudnya bercermin, gitu!) Biar ketauan belangnya...

Start your review of VANYA: Kenduri Karet

Membacanya ketika di Bandung. Menikmati kebadungan Vanya yang baru saja mau jadi anak kost di Bandung. Di salah satu bagiannya diceritakan Vanya ribut saol perbekalan yang dipersiapkan ibunya, padahal Vanya hanya mau membawa satu tas punggung kecil. Ibu Vanya hanya menjawab singkat soal keberatan Vanya dengan perbekalan yang segambreng itu, "Emang kamu cuma mau tiga hari di Bandung?" hehehe

Review dari mereka yang telah membaca buku ini

Buku ini terasa 'Bising" buat saya. Saya kurang sreg dengan ocehan-ocehan ramai didalam buku ini. Tapi cukup membuat kembali nostalgia dengan era 90-an

.

novel remaja pertama yang dibeli pake duit sendiri. cerita tentang cewek lulus SMA & jadi mahasiswa baru di jurusan yang mayoritas cowok.

.

baca vanya itu bikin mesem-mesem. soalnya senasip. sama-sama kuliah di sarang lelaki

.

lumayan menghibur. Awalnya ngira, vanya ini kuliah di ITB. tapi kok ada fak. kedokteran ya? ternyata selidik demi selidik, di unpad ya.. heheheh

Click Me untuk membaca Vanya Kenduri Karet

Baca Vladd Spaceboy - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Space Boy (Vladd #3) by Hilman Hariwijaya, A Mahendra

Suatu hari Vladd dapat pesan aneh di komputernya. Pesan dari angkasa luar!!! Vladd yang tergila-gila astronomi itu tentu saja surprise luar biasa. Dia langsung melacak dari mana pesan itu. Ternyata memang ada pesawat kecil dari tata surya lain yang tersesat dan mendarat di sebuah hutan di bumi.

Dengan bantuan sebuah alat pelacak, Vladd berhasil menjumpai dan berkenalan dengan mahluk mungil pengendara pesawat angkasa luar bernama Spaceboy. Dan gara-gara kenalan barunya ini Vladd mengalami petualangan-petualangan yang seru. Dari berurusan sama perampok bank, sampai dihukum Mami gara-gara kebanyakan kelayapan.

Di samping bertualgan dengan Spaceboy, Vladd juga masih berurusan dengan musuh-musuhnya yang bandel: Perry Lontoh, James Raharja, dan Yudiantara yang tak henti-hentinya berusaha ngerjain Vladd. Tapi petualangannya yang paling menegangkan adalah ketika Vladd berhasil menggagalkan usaha perampokan di rumahnya dengan bantuan remotenya.

Click Me untuk membaca Space Boy Vladd #3

Baca Vladd Game Over - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Game Over (Vladd #2) by Hilman Hariwijaya

VLADD dengan remote ajaibnya bereaksi lagi. Kali ini, tentu dia udah makin jago mainin remote ciptaannya yang bisa mengontrol manusia itu. Dan kejadian yang dialaminya pun makin aneh-aneh. Misalnya, Perry Lontoh cs yang makin penasaran sama Vladd, dan pengen ngerjain anak itu pas study tour, tapi buntut-buntutnya malah Perry cs pada berubah jadi makhluk berbulu, alias monyet. Maka kejadian selanjutnya bisa ditebak, Perry cs berusaha membalas ulah Vladd dengan merebut remote ajaib itu. Apakah berhasil?

Ada juga cerita persahabatan Vladd dengan anak di sekolah kumuh, yang menyebabkan Vladd bersimpati dengan anak-anak yang nasibnya tidak seberuntung dirinya. Apa usaha Vladd untuk membantu mereka?

Tapi nggak semua kejadian bikin Vladd hepi, karena ada gangguan dari cewek tetangga sebelah, yang resenya minta ampun dan amat sulit ditebak kemauannya. Hampir tiap ketemu Vladd, tu cewek pasang muka perang terus.

Dan namanya anak-anak, Vladd ternyata juga suka badung. Terbukti dia curang pas ujian lari. Dia minta tolong Su yin, temannya, untuk meremote supaya larinya cepet. Walhasil, Vladd terus berlari, nggak pernah berhenti...

Review dari mereka yang sudah baca buku ini

dulu beli (dan minjem) novelnya Hilman jadi hal paling trendi di tahun 90-an. Saya belajar baca novel dari mereka. Tokoh yang paling saya suka sih Olga, kemudian Vladd, terakhir baru Lupus hehe. Vladd ini bahkan pernah dijadiin serial tv deh di Indosiar (atau SCTV ya?). Beda dengan Lupus yang slengean dan 'jelalatan', Vladd lebih perduli dengan teknologi dan sekolah. Coba deh baca buku Hilman selain Olga dan Lupus, cukup menghibur juga kok.

Click Me untuk membaca Game Over Vladd #2

Baca Vladd Remote Control - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Remote Control Boy (Vladd #1) by Hilman Hariwijaya>

Vladd adalah seorang anak jenius yang lebih sering menyendiri di kamar. Ia memang dijauhi teman-temannya, karena badannya yang ceking dan kacamatanya yang setebal pantat botol. Belum lagi rambutnya yang jabrik. Jauh dari potongan ABG yang serba mau tampil modis itu. Makanya Vladd dianggap semacam kutu di antara temen-temennya, yang harus cepet-cepet dijauhi. Papi mami Vladd konglomerat supersibuk, hingga membuat Vladd akhirnya hanya berteman akrab dengan komputer di kamarnya yang dibikin serbacanggih. Ada TV monitor pendeteksi tamu, ada alarm khusus tamu tak diundang, dan internet yang bisa hotline langsung dengan Bill Gates.

Namun penemuan teristimewanya adalah ketika Vladd berhasil menciptakan remote control yang bisa mengontrol manusia! Kebayang nggak sih, remote yang biasa buat ngontrol TV itu, akhirnya bisa dipakai mengontrol manusia? Dengan remote itu, kamu bisa nyuruh orang lain berbuat apa pun yang kamu inginkan! Dan berkat penemuannya itu, Vladd akhirnya mulai didekati teman-temannya, terutama yang cewek. Tapi tentu saja setiap benda ada kelemahannya. Apa itu? Ikuti saja petualangan seru Vladd dengan remote control ajaibnya!

Review Remote Control Boy

Menurut saya, Vladd ini salah satu tokoh terbaik yang pernah diciptakan Hilman Hariwijaya. Memang dari nama, karakter, dan latar belakangnya Vladd juga adalah tokoh yang paling "tidak Indonesia"; tapi justru itu yang bikin saya suka.

.

Setelah beberapa buku, tokoh Lupus dan Vanya bikin bosen juga, terutama karena suasananya yang terlalu muter di Jakarta & Jabar doang (saya tinggal di pulau lain, jadi beberapa cekakannya gak nyambung di otak). Saya cuman bilang sih, gak bermaksud membandingkan. :p

.

Yang penting, imajinasi dan fantasi di dalam cerita Vladd ini benar-benar menarik dan cocok buat anak-anak. Tidak menggurui, tetap menghibur, tapi tetap ada nilai-nilai yang (mungkin) bisa diambil. Sayang sekali serinya gak pernah dilanjutkan setelah dua buku.

Click Me untuk membaca Remote Control Boy Vladd #1

Baca Olga Tukar Guling - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Olga : Tukar Guling (Olga #9) by Hilman Hariwijaya

Apa sih arti persahabatan? Katanya kala suka dan duka selalu bersama. Begitu juga persahabatan Olga dan Wina.

Ketika Wina kebingungang karena dijodohin orangtuanya sama anak Oom Adam, yang baru pulang dari Perth, ia minta Olga menolongnya. Olga disuruh pura-pura jadi Wina dan datang ke keluarga oom Adam.

Olga kan paling bokis dan paling berani, jadi Wina pikir Olga bisa bikin anak Oom Adam itu sadar agar nggak mau dijodohkan begitu aja sama orangtuanya. Olga setuju, dengan satu syarat : Wina harus menghadapi SOmad, saban kali perjaka tua itu nyatronin ke Radio Ga Ga.

Wina pun oke. Tapi apa yang kemudian terjadi? Ternyata anak Oom Adam yang bernama Rama itu keren dan hobi banget ngasih-ngasih hadiah.

Jelas Olga jadi seneng beneran, karena kebanjiran hadiah terus dari Rama. Keadaan pun jadi runyam ketika akhirnya keluarga Oom Adam bener-bener suka sama Olga yang dikira Wina, dan dateng ke rumah Wina untuk melamar.

Sementara itu pemburuan cinta Somad atas Olga makin tambah seru.

Somad yang mau dijodohin juga sama perawan di kampungnya, nekat kabur dan melamar Olga. Tentu saja Olga yang jadi kelimpungan.

Tapi dia bener-bener kena batunya, ketika di akhir kisah harus sungkem sama Somad. Kok bisa? Ih, nggak seru dong kalo diceritain.

Click Me untuk membaca Olga : Tukar Guling

Baca Olga Freelance - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Olga : Freelance (Olga #8) by Hilman Hariwijaya

Olga nongol lagi! Dan kalo udah gitu, siapa yang paling girang? Siapa lagi kalo bukan si Somad, perjaga Betawi yang udah bangkotan namun memendam cinta yang begitu menggebu kepada Olga. Dan kali ini, ulah apa lagi yang dilakukan Somad dalam merebut cinta si Olga? Wah, bukan Somad namanya kalo nggak nekat ngirim bunga, nekat ngajak sodaranya yang bersuara empuk double date, dan nekat saban malam nyatronin Olga siaran, hingga sempet berseteru dengan satpam Radio Ga Ga yang ternyata juga naksir Olga. Ya, kali ini Olga emang nongol lagi di Radio Ga Ga setelah bosen jadi penyiar di TV Swasta.

Dan kisah Olga dan Somad ini sebetulnya versi lain dari kisah cinta Romeo dan Juliet. Cuma di sini, Somad setengah mati cinta sama Olga, sedang Olga setengah mati nolak Somad. Tapi pernah ngebayangin nggak, suatu ketika Olga kena batunya, dan beneran jadi istri Somad? Nah, nah! Baca aja buku Olga yang satu ini. Pasti seru deh!

Click Me untuk membaca Olga Freelance

Baca Olga TV Swasta - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Olga: Olga & TV Swasta (Olga #7) by Hilman Hariwijaya

Mas Ray dan Mbak Vera jadi frustasi berat saat penyiar-penyiar andalan Radio Ga Ga, termasuk Olga, pada hengkang ke TV swasta yang marak bermunculan. Tanpa penyiar-penyiar itu, Radio Ga Ga jelas ibarat garam tanpa sayur. Asiin, melulu. Suasana pun jadi tak menentu. Suram buram, lesu, dan beku. Akibatnya pendengar Radio Ga Ga pun turun dratis. Mungkin cuma tinggal dua orang aja yang jadi pendengar setianya, yaitu Mas Ray dan Mbak Vera sendiri.

Tapi ternyata kerja di TV swasta nggak semanis bayangan Olga. Dia yang tadinya santai dan bisa mencurahkan idenya kapan saja, mendadak harus ikut rapat ini-itu tiap hari, mengajukan proposal acara ini-itu, mempelajarinya, bahkan untuk merealisasikan jadi acara yang menarik pun butuh waktu. Olga nggak sempet lagi makan siang bareng Mami, nggak sempet lagi nemenin Wina ke mal, nggak sempet lagi belajar hingga ulangannya pada jeblok. Olga jadi kehilangan masa mudanya yang manis.Olga teringat pada Radio Ga Ga, yang suasananya menyenangkan. Haruskah Olga memutuskan kontrak kerjanya dengan TV swasta ini? Yok, kita baca aja rame-rame.

Click Me untuk membaca Olga & TV Swasta

Baca Olga Mini Skirt - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Olga: Mini Skirt (Olga #6) by Hilman Hariwijaya

Anak paling ngocol itu beraksi kembali. Dan tentu saja, karena ulahnya, banyak peristiwa konyol terjadi. Salah satunya, gemparnya sekolah gara-gara Olga ber-mini skirt. Anak-anak kelas tiga yang merasa berkuasa, perlu menggancet Olga. Karena sebagai anak kelas satu, Olga terlalu ngocol. Olga pelu di beri pelajaran.

Tapi, sekali lagi, kita jangan cepat nuduh orang negatif. Jangan cuma ngeliat kulitnya. Olga punya banyak alasan, kenapa dia bermini Skirt. Dan alasan itu tak akan bisa dilihat oleh anak-anak kelas tiga yang cuma bisa sirik.

Dan setelah membaca seluruh kisahnya di buku ini, kamu akan tahu, bahwa Olga tidak hanya sekadar "anak ngocol".

Review dari mereka yang telah baca Olga: Mini Skirt

Jadul banget, banyak becandaan yang generasi sebelum saya... bingung jadinya... hahaha.

.

ini semacam versi cewenya lupus.. konyol

Click Me untuk membaca Olga Mini Skirt

Baca Olga Backstreet - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Olga: Back Street (Olga #5) by Hilman Hariwijaya

Olga ternyata lagi gak kompakan sama papinya. Entah kenapa, tiba-tiba aja Papi gak setuju Olga pacaran sama Andi, tetangganya. Padahal Andi anak yang sopan, baik hati, dan gak pernah macem-macem. Tapi Papi tetap gak setuju. Makanya setiap Andi datang mo ngapel, si Papi dengan liciknya menyipakan sejuta trik buat nge-i>kick Andi. Olga jelas keki. Dan ber-backstreet-rialah dia dengan Andi.

Padahal dulu-dulu Papi gak pernah jail ngurusin tingkah anak gadisnya yang ajaib itu. Papi gak pernah kuatir ada cowok yang macem-macem sama Olga. Dia pikir, mana ada cowok yang tahan sama kegalakaan anak gadisnya. "Wong aku aja trauma banget kalo ngeliat si Olga ngambek," ucap Papi suatu ketika sama Mami.

Jadi ada apa sekarang? Kenapa MAmi malah ketawa cekikikan pas tau Papi sirik ama Andi? Wah, jawabannya pasti gak pernah kamu duga sebelumnya. Baca adna.Dan sembilan cerita lepas lainnya, juga memuat kejutan-kejutan yang serupa. Inilah keunggulan cerita Olga!

Review dari mereka yang telah baca Olga: Back Street

OLGA!!! Novel jamannya tante saya nih! Berawal dari kekepoan dan kegemaran saya geledah2 rak buku, lemari dan laci-laci, saya nemu novel ini di kamar tante saya. Bermodalkan rasa penasaran yang sangat tinggi ya novel apa aja pasti dibaca!

.

Awal buka sih, saya ngangkat alis yah. 'Ih, apaan sih nih. Gaje amat,' gitu pikir saya. Eh tapi kok tapi... Lucu ya? Eh, saya mulai senyum2, mulai ketawa2 sendiri nih. Dan setelah buku ini selesai dibaca......... saya selalu nyempetin diri buat ke toko loak dan ...

.

I envied Olga at that time. Look like her life so much fun at that time.

.

halah niy buku jaman baheula pisann (am i that old?). tp lucu lah s olga ini.. pikaseurieun (utk ukuran jaman baheula hehehe).

.

hmpfhh jd teringat masa SMA dl..

.

aahh another classic =P

Click Me untuk membaca Olga Back Street

Baca Olga Leukimia Kemping - Hilman Hariwijaya

- Posted in Sastra by - Comments

Olga : Leukimia Kemping (Olga #4) by Hilman Hariwijaya

Olga adalah anak gadis yang hidup di abad informasi ini. Enam belas tahun, enerjik, pemberontak, tapi juga nyambi kerja jadi penyiar di Radio Ga Ga. Tapi yang bikin ia begitu disukai temen-temennya, karena anak satu ini ngocol banget. Suka bikin hal-hal “ajaib” yang bikin suasana jadi kocak.

Tapi kadang, emang sulit menebak ke mana jalan pikiran anak satu ini. Seperti misalnya ketika ia di-tunjuk jadi ketua kelas, ia mendadak menerapkan disiplin ketat, hingga bikin temen-temennya sebel. Tapi di lain waktu, dia gokil-gokilan saat di rumah kosong, karena Mami dan Fapi pulang kampung, sampe sakit serius. Dan kadang dia juga bisa jadi temen yang amat diandalkan oleh sohibnya, si Wina. Ada juga cerita konyol ketika Olga jadi cemas gara-gara udah gak bisa melucu lagi.

Belum lagi orang-orang di sekitar Olga, yang sa-gat mendukung situasi konyol yang ada di setiap episode. Wina yang naksir guru, Somad yang nge-fans berat sama Olga, Mami yang kadang timbul jailnya buat ngebales ulah sableng Olga, Papi yang model lelaki bakiak, serta Utit, keponakan Olga yang super-bandel.

Click Me untuk membaca Olga Leukimia Kemping