Amalan untuk Percepat Rezeki

- Posted in Islam by - Permalink

Rezeki memiliki arti kata penghidupan, hal-hal yang bermanfaat dan semua yang berguna bagi makhluk. Rezeki Allah berarti hal-hal yang berguna bagi kehidupan makhluk yang berasal dari Allah.

Rezeki juga memiliki arti sebagai anugrah, yaitu anugrah atau pemberian Allah kepada makhluk-Nya. Tahukah kalian bahwa rezeki manusia dan seluruh makhluk hidup sudah dijamin oleh Allah.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Ar-Rum ayat 40 :

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya :

“Allah-lah yang menciptakanmu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali).”

“Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan”. (QS. Ar-Rum ayat 40).

Pada ayat di atas, Allah memberitahu bahwa telah menghidupkan manusia, memberi rezeki, mematikan dan menghidupkannya kembali.

Kemudian Allah mempertanyakan kepada manusia “Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu yang demikian itu?”

Memahami berbagai jenis rezeki yang Allah bagaikan di muka bumi ini akan membantu kita bersabar dan berhusnudzan kepada-Nya.

Ketika kita diberi kesempitan, selalu bersyukur dan mengakui bahwa rezeki datang dari-Nya dansemoga selalu diberi kelimpahan. Selain itu, memahami hal ini juga akan membuat kita bisa memilih rezeki jenis apa yang ingin kita dapatkan.

Memang, Allah tidak menyamaratakan pemberian rezeki-Nya kepada manusia. Hal ini tentu saja memiliki hikmah tersendiri di sisi-Nya.

Allah berfirman dalam Al Quran An Nahl ayat 71 :

وَاللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِي الرِّزْقِ

Artinya :

“Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezeki.” (QS. An-Nahl ayat 71). Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang jenis-jenis rezeki dari Allah. Tentang penjelasan jenis-jenis rezeki, semuanya diterangkan secara tersirat di dalam Al-Quran.

Amalan untuk Percepat Rezeki

Tags: